Jumat, 19 Oktober 2012

Resume Mendapatkan Inputan dari Keyboard

Mendapatkan Inputan dari Keyboard

Dalam pembuatan program kita tentunya membutuhkan inputan informasi dari user yang akan menggunakan program yang kita buat. Untuk mempelajari cara tersebut ada dua cara untuk mendapatkan input dari user dengan menggunakan class:

BufferedReader 
Untuk menggunakan kelas ini caranya sebagai berikut  : 
1. Tambahkan baris code ini pada awal coding Anda:

     import java.io.*;

       2. Tambahkan statement berikut ini:

     BufferedReader dataIn = new BufferedReader( new      InputStreamReader( System.in) );

3. Deklarasikan variabel sementara String untuk mendapatkan input,
dan menjalankan perintah readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard.
Anda harus menuliskannya di dalam blok try-catch
.

try{
String temp = dataIn.readLine();
}

catch(IOException e){

System.out.println(“Error in getting input”);

}
Contoh program :

import java.io.*;

public class GetInputFromKeyboard {

public static void main( String[] args ){

BufferedReader dataIn = new BufferedReader

(new InputStreamReader( System.in) );

String name = "";

System.out.print("Please Enter Your Name:");

try{

name = dataIn.readLine();

}catch( IOException e ){

System.out.println("Error!");

}

System.out.println("Hello " + name +"!");

}

}


JOptionPane
Cara lain untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan class JOptionPane yang terdapat pada package javax.swing. OptionPane dapat membuat dialog box standard yang menginformasikan kepada user untuk memasukkan sebuah nilai. Contoh program :

import javax.swing.JOptionPane;
public class GetInputFromKeyboard {
public static void main( String[] args ){
String name = "";
name=JoptionPane.showInputDialog(“Please enter your name");
String msg = "Hello " + name + "!";
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}
}

Statement name=JoptionPane.showInputDialog(“Please enter your name”); digunakan untuk membuat input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog, yang terdiri atas sebuah message, sebuah textfield dan sebuah button OK, seperti terlihat pada gambar. Dialog tersebut akan memberikan return value String yang akan disimpan di variabel name.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar