Mendapatkan Inputan dari Keyboard
Dalam pembuatan
program kita tentunya membutuhkan inputan informasi dari user yang akan
menggunakan program yang kita buat. Untuk mempelajari cara tersebut ada dua
cara untuk mendapatkan input dari user dengan menggunakan class:
BufferedReader
Untuk menggunakan kelas ini caranya sebagai
berikut :
1. Tambahkan baris code ini pada awal coding Anda:
import java.io.*;
2. Tambahkan statement
berikut ini:
BufferedReader dataIn = new
BufferedReader( new InputStreamReader( System.in) );
3. Deklarasikan
variabel sementara String untuk mendapatkan input,
dan menjalankan perintah readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard.
Anda harus menuliskannya di dalam blok try-catch.
dan menjalankan perintah readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard.
Anda harus menuliskannya di dalam blok try-catch.
try{
String temp = dataIn.readLine();
}
catch(IOException e){
System.out.println(“Error in getting
input”);
}
Contoh program :
import
java.io.*;
public class
GetInputFromKeyboard {
public
static void main( String[] args ){
BufferedReader
dataIn = new BufferedReader
(new
InputStreamReader( System.in) );
String name
= "";
System.out.print("Please
Enter Your Name:");
try{
name =
dataIn.readLine();
}catch(
IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hello
" + name +"!");
}
}
JOptionPane
Cara lain untuk mendapatkan input dari user adalah
dengan menggunakan class JOptionPane yang terdapat pada package javax.swing.
OptionPane dapat membuat dialog box standard yang menginformasikan kepada user
untuk memasukkan sebuah nilai. Contoh program :
import javax.swing.JOptionPane;
public class GetInputFromKeyboard {
public static void main( String[]
args ){
String name = "";
name=JoptionPane.showInputDialog(“Please
enter your name");
String msg = "Hello " +
name + "!";
JOptionPane.showMessageDialog(null,
msg);
}
}
Statement name=JoptionPane.showInputDialog(“Please
enter your name”); digunakan untuk membuat input dialog JOptionPane, yang
akan menampilkan dialog, yang terdiri atas sebuah message, sebuah textfield dan
sebuah button OK, seperti terlihat pada gambar. Dialog tersebut akan memberikan
return value String yang akan disimpan di variabel name.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar